Bahaya Konsumsi Lilin Lebah

Bahaya Konsumsi Lilin Lebah (Beeswax) » Bahaya Produk Mengandung Lilin Lebah Dalam Produk Makanan atau Minuman Yang Merugikan Kesehatan Tubuh!

Saat kita mendengar nama binatang lebah yang sudah pasti ada dipikiran kita adalah madu, karena rasanya yang sangat manis juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Namun pada kenyataanya lebah tidak hanya menghasilkan madu, lebah juga bisa menghasilkan propolis . Propolis itu sendiri adalah sejenis getah yang dikumpulkan lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya, yang digunakan oleh lebah untuk menutupi atau memperbaiki celah pada sarangnya. Sejak tahun 350 SM hingga kini, propolis dipercaya sebagai obat herbal yang mampu membantu mengobati berbagai penyakit. Namun untuk dijadikan bahan obat herbal, propolis itu sendiri harus di ekstrak dengan baik karena di dalamnya mengandung beeswax atau lilin lebah.

Lilin lebah adalah lilin alami yang dihasilkan oleh lebah madu, Lilin dibentuk menjadi “sisik” oleh delapan kelenjar penghasil lilin di segmen perut lebah pekerja untuk membuat sarang atau memperbaiki sarang. Para pekerja sarang mengumpulkan dan menggunakannya untuk membentuk sel-sel untuk penyimpanan madu dan perlindungan larva dan pupa dalam sarang lebah.

Saat mencari makan, lebah madu pekerja memanen serbuk sari dan nektar, sementara juga mengumpulkan air dan resin pohon yang diperlukan untuk produksi propolis yang mengandung beeswax atau lilin lebah.

Bahaya Konsumsi Lilin Lebah (Beeswax)

Jika Propolis dan madu sering dijadikan obat herbal atau juga bahan makanan, maka lain halnya dengan beeswax atau lilin lebah, Seperti kita ketahui bahwa propolis merupakan senyawa kompleks yang terdiri dari 55% resin, 30% lilin lebah (beeswax), 10% minyak aromatik, dan 5% bee pollen. Beeswax atau lilin lebah biasa digunakan untuk bahan pembuat sabun, lilin, pelitur, dll.

Jadi sudah jelas bahwasannya lilin lebah atau beeswax TIDAK BOLEH dikonsumsi. Karena Jika Anda mengkonsumsi propolis yang masih mengandung lilin lebah maka dikhawatirkan akan mengganggu atau merusak saluran pencernaan seperti liver, usus, sampai ginjal anda, karena lilin lebah tidak bisa dicerna oleh tubuh. Selain akan mengganggu saluran pencernaan, lilin lebah membuat propolis tidak bisa diserap oleh tubuh karena terhalang oleh lilin lebah tersebut. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui tentang proses ekstraksi yang digunakan oleh produk yang menjual obat herbal propolis.

MENURUT DR. NURUL TAUFIQURRAHMAN LILIN LEBAH SEHARUSNYA DIPISAHKAN PADA SAAT PRODUKSI, KARENA DALAM JANGKA PANJANG AKAN MERUSAK ORAGAN LIVER / HATI. DAN LILIN INI SANGAT TIDAK BAGUS UNTUK KESEHATAN, TERUTAMA PADA SISTEM PERNAFASAN.

PENELITIAN LAIN JUGA DILAKUKAN OLEH ILMUAN DARI SOUTH CAROLINA STATE UNIVERSITY MENEMUKAN BAHWA “LILIN PARAFIN MENGELUARKAN BAHAN KIMIA YANG BERKAITAN DENGAN KERUSAKAN HATI, MASALAH SARAF, DAN LEUKEMIA. ASAP HITAM LILIN BISA MEMBUAT GANGGUAN PADA PARU – PARU DAN JARINGAN JANTUNG JIKA TERHIRUP BERLEBIHAN.” ITU DITEGASKAN JEFFREY MEI

Lilin lebah atau beeswax itu sendiri biasanya terdapat pada produk propolis yang tidak menggunakan teknologi nano dalam proses ekstraksi nya, sehingga lilin lebah atau beeswax masih tertinggal, untuk itu pastikan jika Anda menggunakan produk propolis untuk memilih produk yang sudah menggunakan teknologi nano dalam proses ekstraksi nya. Untuk membedakan propolis dengan teknologi nano, Anda bisa test sendiri di rumah seperti contoh yang sudah Kami bahas di artikel sebelumnya yaitu di artikel dengan bahasan Walatra Propolis Brazil Asli

Nah itu dia bahaya konsumsi lilin lebah atau beeswax, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk berhati-hati terhadap setiap kandungan makanan dan minuman terlebih obat-obatan. Semoga para pembaca dilindungi dari makan-makanan berbahaya dan selalu diberikan kesehatan.

Terimakasih atas kunjungannya di website resmi PT Berkah Walatra Indonesia, menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati!.